Resensi Buku Pengantar Bisnis Modern





Judul Buku         : PENGANTAR BISNIS MODERN
Pengarang          : Dr. Basu Swastha DH., SE., MBA.
Penerbit              : Liberty, Yogyakarta
ISBN                   : 979-499-136-8
Tahun Terbit        : 2007
Cetakan Ke         : 11/Edisi Ketiga
Jumlah Halaman : Viii + 375
SINOPSIS
Ilmu Manajemen sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia bisnis modern sekarang ini.
Pola yang ada sekarang tentang cara untuk memuaskan kebutuhan merupakan suatu akibat dari adanya proses perkembangan secara historis dalam jangka panjang. Dalam suatu masyarakat yang primitif orang harus memenuhi kebutuhannya sendiri, tidak tergantung pada yang lain. Yang harus mereka penuhi terutama kebutuhan akan makanan, pakaian, dan  perumahan. Untuk mendapatkan makanan mereka dapat berburu dan bercocok tanam di daerah yang dianggap subur. Jadi, penghidupan ekonominya masih berupa rumah tangga tertutup, belum ada pertukaran. Semua saling berdampingan dan saling melengkapi anatara ilmu manajemen, Ilmu Perekonomian, dan Bisnis sekarang ini.
Buku ini mungkin bisa menjadi acuan bagi para mahasiswa/i Universitas Pamulang khususnya mahasiswa/i Fakultas Manajemen dalam memperkaya pengetahuan tentang mata kuliah Manajemen. Buku ini disusun untuk memfasilitasi kegiatan belajar mahasiswa, agar mahasiswa lebih mudah memperoleh informasi yang berkaitan seputar program studi Manajemen.
Dalam bab awal pada buku ini, penulis memaparkan tentang “Perusahaan Dalam Sistem Prekonomian”  yang mana didalam nya terdapat materi mengenai latar belakang industry, pengertian perusahaan, fakto-faktor yang mempengaruhinya, serta disertakan juga studi kasus yang terjadi dikehidupan sehari-hari. 
Penulis juga menjelaskan juga materi tentang “Manajemen Dan Organisasi”  di Bab kedua, bagaimana  perwujudan tentang pemikiran manajemen, serta menjelaskan perencanaan berorganisasi, pengarahan berorganisasi, pengkordinasian, dan pengawasan. Semua itu dijelaskan dengan jelas dan terurut rapih.
Serta Bab Ketiga menjelaskan mengenai “Fungsi Perusahaan”, di materi bab ini penulis lebih menjelaskan kepada struktur organisasi pemasaran, khusus kepada seputar pemasaran. Tentang produk yang akan dijual, penentuan harga produk, strategi pemasaran yang akan dilakukan agar produk dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen, dan promosi yang baik.
Dan yang terakhir di Bab Empat menjelaskan mengenai “Akuntansi Dan Anggaran Perusahaan”, dalam bab terakhir ini penulis menjelaskan tentang Pengertian Akuntansi dan Penggunaannya, proses akuntansi, laporan keuangan, analisis dan interpretasi laporan keuangan, serta anggaran perusahaan. Semua dijelaskan dengan terurut, bagaimana perhitungan yang baik  disertai metode-metode statistic.
KELEBIHAN BUKU
Sangat membantu dalam hal materi seputar Manajemen, Perekonomian, dan Bisnis. Karena penulis menerangkan setiap isinya dengan jelas dan menggunakan berbagai contoh di setiap materi yang dijelaskan. Contoh yang diberikan juga merupakan contoh yang mudah yang dapat kita temui di lingkungan masyarakat sekitar dalam keseharian kita. Selain itu, buku ini juga mampu menambah wawasan bagi para mahasiswa atau siapapun yang membutuhkan informasi seputar Manajemen, Perekonomian, dan Bisnis. Semua dijelaskan dengan baik dan pemahaman yang baik agar mempermudah pembaca dalam memahami materi yang disampaikan.
KEKURANGAN BUKU
Ada beberapa yang menggunakan kata kurang familiar di telinga kita, sehingga kadang agak susah dipahami.

Terimakasih saya ucapkan, semoga tugas resensi buku saya ini dan dipahami oleh Bapak Zakaria sebagai dosen saya yang memberikan tugas individu, dan  selamat membaca kepada para pembaca blog saya.

Comments

Popular posts from this blog

Pemanfaatan Internet Di Jaman Sekarang